15 Drama Korea Terbaik di Tahun 2023 (Sejauh Ini)

Dari romansa yang mengharukan hingga film thriller yang menegangkan, berikut ini adalah beberapa drama korea terbaik yang ditawarkan sejauh ini.

Ketika mencari perpaduan terbaik antara romansa dan drama, cerita yang dibuat dengan baik yang mencakup isu-isu sosial-budaya dan masalah kehidupan nyata, tidak ada yang lebih baik daripada film atau Drama Korea karena mereka memiliki yang terbaik. 

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika sinema Korea telah mengumpulkan komunitas penggemar global yang sangat besar yang menghargai kualitasnya yang luar biasa. Saat ini, mungkin ada banyak penonton yang masih mencari lebih banyak film Korea untuk memuaskan selera mereka yang tak terpuaskan akan jenis drama, balas dendam, dan alur cerita tak terduga yang menjadi ciri khas drama Korea.

Tidak dapat disangkal bahwa gelombang korea telah menjadi semakin populer di masa kini. Apa yang membuat drama korea begitu memikat sehingga orang tidak bisa merasa cukup? Mungkin drama mereka menawarkan bentuk pelarian terbaik, atau mungkin karena kemampuan mereka untuk menyajikan cerita yang paling menghibur tanpa menghindar dari isu-isu nyata. Orang-orang menyukai mereka karena alasan-alasan ini dan masih banyak lagi. Tahun ini telah menyaksikan sejumlah besar drama Korea, dan ada beberapa drama lainnya yang dijadwalkan untuk rilis pada September 2023. Sementara itu, berikut ini adalah beberapa pilihan K-drama terbaik di tahun 2023 sejauh ini.

15. Divorce Attorney Shin (2023)


Drama Korea Terbaik di Tahun 2023 (credit: tmdb.org)

Dalam Divorce Attorney Shin, Cho Seung-woo berperan sebagai karakter tituler, seorang pianis yang berubah menjadi pengacara yang dikenal karena kehebatannya di pengadilan, menyelesaikan kasus perceraian yang paling rumit sekalipun. Tidak seperti Pengacara lain yang menangani sembarang kasus, Pengacara Shin perlu merasakan hubungan dengan kliennya sebelum dia berkomitmen untuk membantu mereka. Alasan untuk pendekatan ini berakar pada sejarahnya sendiri, yang mencakup kisah menyentuh yang menjelaskan keputusannya untuk menjadi pengacara perceraian.

Sama halnya dengan Extraordinary Attorney Woo, serial ini memadukan drama ruang sidang dengan dosis komedi yang tepat dan momen-momen yang menyentuh hati. Ini benar-benar pertunjukan yang menawan dengan alur cerita yang fantastis dan persahabatan yang mengharukan antara para pemeran, membuatnya sangat menggoda untuk menyelesaikan semua 12 episode dalam sekali duduk.

14. Alchemy of Souls (2022-Sekarang)


Drama Korea Terbaik di Tahun 2023 (credit: tmdb.org)

Alchemy of Souls hadir di Netflix pada 18 Juni 2022, dan langsung menjadi sensasi. Bagian pertama terdiri dari 20 episode, sedangkan bagian selanjutnya, Alchemy of Souls: Light and Shadow tayang dari Desember 2022 hingga Januari 2023, dengan total 10 episode, mencapai jumlah penonton tertinggi dari serial ini dan membuat banyak penggemar terkesan. Dengan demikian, drama ini layak mendapatkan tempat dalam kategori drama Korea terbaik tahun ini.

Meskipun menjadi salah satu serial Netflix yang paling populer, Alchemy of Souls mungkin tidak akan mendapatkan musim ketiga. Di luar chemistry di layar yang tak terbantahkan antara karakter utama, serial drama korea fantasi ini menonjol karena menghindari hal-hal yang klise dan kemampuannya untuk mengejutkan pemirsanya di setiap kesempatan. Serial ini juga membanggakan sinematografi yang memukau, efek khusus yang luar biasa, kostum dan adegan pertarungan yang dikoreografikan dengan baik.

13. Queenmaker


Drama Korea Terbaik di Tahun 2023 (credit: tmdb.org)

Dalam Queenmaker, seorang wanita yang berkemauan keras memutuskan untuk menjatuhkan majikannya yang korup dan berkuasa dengan menjadikan seorang pengacara hak-hak sipil sebagai Walikota Seoul. Keputusan penting ini berawal dari sebuah insiden yang memaksanya untuk mengevaluasi kembali pilihannya dalam hidup karena ia menyadari bahwa ia telah berada di jalan yang salah. Serial ini menonjol sebagai drama yang digerakkan oleh wanita yang memukau, menyoroti isu-isu ketidakseimbangan kekuasaan, ketidakadilan, dan dominasi perusahaan.

Sepanjang penayangannya, drama balas dendam politik ini berhasil membuat banyak orang tertarik dengan dramanya yang menarik, karakter yang berkembang dengan baik, dan penjahat kejam yang tidak akan berhenti untuk memegang kendali. Penampilan luar biasa dari para aktor seperti Moon Soon-ri, Kim Hee-ae dan Ryu Soo-young, dan yang lainnya berkontribusi pada kecemerlangan pertunjukan ini, dilengkapi dengan arahan ahli Oh Jin-seok yang mengubahnya menjadi sebuah drama K yang benar-benar menawan.

12. Mask Girl (2023-Sekarang)


Drama Korea Terbaik di Tahun 2023 (credit: tmdb.org)

Dengan pembangunan karakter yang mengesankan, alur cerita yang ditulis dengan baik, dan latar belakang yang berlapis-lapis di antara berbagai elemen lainnya, Mask Girl masuk ke dalam daftar salah satu K-drama terbaik di tahun 2023. Berdasarkan webtoon, serial ini mengikuti seorang gadis muda, Kim Mo-mi, yang selalu memendam mimpi ketenaran sejak kecil, tetapi kurangnya kecantikan yang dirasakan menghalangi kemajuannya. Dalam usahanya untuk menjadi terkenal, ia mengenakan topeng dalam video internetnya dan menjadi sensasi.

Namun, hal ini justru menjerumuskan hidupnya ke dalam kekacauan. Meskipun dilabeli sebagai komedi gelap, K-drama ini menggali lebih jauh ke dalam kegelapan, penuh dengan liku-liku yang tidak pernah diduga sebelumnya. Benar-benar pertunjukan yang unik, drama ini memiliki campuran drama keluarga disfungsional, sekolah menengah dan bahkan drama penjara juga.

11. Extraordinary Attorney Woo (2022-Sekarang)


Drama Korea Terbaik di Tahun 2023 (credit: tmdb.org)


Meskipun tidak dirilis pada tahun 2023, drama ruang sidang dengan inti emosional yang dalam ini terus memenangkan hati, menuai pujian yang tak ada habisnya hingga hari ini. Park Eun-bin membintangi Extraordinary Attorney Woo sebagai pengacara pemula yang brilian dan unik dengan gangguan spektrum autisme. Meskipun Pengacara Woo menonjol di ruang sidang dengan cara berpikirnya yang unik, kemampuan interpersonalnya canggung dan kecerdasan emosionalnya menghadapi tantangan.

Melalui penampilan mahir Park Eun-bin, pemirsa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang karakter yang disalahpahami ini dan perjuangan internalnya dengan emosinya. Meskipun drama ini tentu saja memukau, ditulis dengan baik dengan karakter yang mudah diingat, yang membedakan pertunjukan ini adalah komitmennya untuk mengedukasi pemirsa melalui hiburan. Pertunjukan ini berusaha keras untuk menentang klise romantis yang sering ditemukan dalam drama Korea lainnya dan unggul dalam menyampaikan kisah unik yang menyegarkan.

10. Agency (2023-Sekarang)


Drama Korea Terbaik di Tahun 2023 (credit: tmdb.org)

Agency bercerita tentang karakter-karakter yang menavigasi dunia yang penuh tantangan, didorong oleh keinginan yang sangat besar untuk mencapai kesuksesan. Pada intinya, ini adalah perjalanan Go Ah-in yang berasal dari latar belakang keluarga miskin. Meskipun memiliki latar belakang yang buruk dan tidak lulus dari perguruan tinggi bergengsi, ia bekerja sangat keras untuk menjadi eksekutif utama wanita pertama di sebuah agensi periklanan besar. Seiring berjalannya serial ini, ia menjelaskan perjuangannya di agensi yang didominasi oleh pria.

Selain karakter utama, K-drama ini juga memperkenalkan karakter sampingan dan narasi menarik mereka sendiri yang memperkaya hiburan secara keseluruhan. Fitur yang menonjol adalah pembalikan dari kiasan romansa bos-sekretaris yang khas melalui romansa menawan antara CEO wanita, yang diperankan oleh Lee Boo-young dan sekretaris prianya yang menawan, Han Jun-woo. Sentuhan yang menyegarkan ini menambah daya tarik pertunjukan yang menyenangkan dan menarik.

9. Bloodhound (2023-Sekarang)


Drama Korea Terbaik di Tahun 2023 (credit: tmdb.org)

Salah satu alasan mengapa K-drama begitu dicintai adalah kemampuannya untuk mengatasi masalah sosial yang penting melalui alur cerita yang dibuat dengan baik. Bloodhound mengikuti tradisi ini dengan menyoroti perjuangan terus menerus melawan ketidakadilan sosial. Dengan perpaduan aksi, drama, dan kriminal, Bloodhound bercerita tentang tiga pemuda yang terjun ke dalam bisnis peminjaman uang sambil menghadapi orang-orang kaya dan berkuasa yang memangsa yang lemah.

Terdiri dari 8 episode dengan total durasi masing-masing 60 menit, film thriller aksi ini tidak memiliki momen yang membosankan dari awal hingga akhir. Urutan pertarungannya dikoreografikan dengan sangat baik, sehingga terlihat jelas bahwa para aktor dan pemikir cemerlang di balik layar telah bekerja keras untuk membuatnya terasa nyata dan penuh dengan ketegangan. Seperti banyak drama Korea lainnya, drama ini juga merupakan perjalanan rollercoaster emosional dengan momen-momen yang menguras air mata yang mungkin disukai atau tidak disukai oleh beberapa orang.

8. See You in My 19th Life (2023-Sekarang)


Drama Korea Terbaik di Tahun 2023 (credit: tmdb.org)

Berdasarkan webtoon dengan judul yang sama, See You in My 19th Life mengisahkan seorang wanita, Ban Ji-eum yang memiliki kemampuan luar biasa untuk mengingat kembali semua kehidupan masa lalunya. Setelah kehidupan sebelumnya terputus karena kecelakaan tragis yang tak terduga, ia memulai pencarian untuk terhubung kembali dengan orang-orang dari kehidupan sebelumnya dan bersatu kembali dengan kekasih masa lalunya. Ini adalah salah satu kisah yang menggali sifat cinta yang luar biasa, yang menggambarkan kemampuannya untuk melampaui ruang dan waktu.

Meskipun ini adalah kisah epik cinta yang manis dan penuh gairah, namun kisah ini juga memiliki kesedihan, frustrasi, dan rasa sakit yang sering menyertai perjalanan menemukan cinta sejati. Dengan chemistry yang tak terbantahkan antara para pemeran utama, penampilan luar biasa dari para pemeran, kisahnya yang menyentuh dan sedikit komedi, pertunjukan ini membuat romansa yang menyenangkan.

7. Love to Hate You (2023-Sekarang)


Drama Korea Terbaik di Tahun 2023 (credit: tmdb.org)

Rom-com ini membawa kiasan romansa kencan palsu yang populer ke tahun 2023 karena mengikuti pertarungan cinta antara seorang pengacara yang tidak suka kalah dari pria dan seorang aktor daftar A yang tidak mempercayai wanita. Meskipun mungkin tampak seperti K-drama atau rom-com yang penuh dengan klise, serial ini mencoba mendobrak norma dengan membahas masalah misogini dan perlakuan buruk dunia terhadap wanita melalui sisi cerita karakter wanita.

Meskipun dewasa dan berpijak pada kenyataan, Love to Hate You tidak gagal untuk menghangatkan hati dan menggelitik tulang-tulang lucu para pemirsanya. Namun, sementara beberapa orang memujinya karena alur ceritanya yang cepat dan menarik, yang lain merasa itu tidak cukup baik. Terlepas dari itu, ini adalah serial yang menghibur yang pasti akan disukai oleh orang-orang yang menyukai Business Proposal.

6. Pandora: Beneath the Paradise (2023-Sekarang)


Drama Korea Terbaik di Tahun 2023 (credit: tmdb.org)

Pecinta K-drama akan dimanjakan dengan film thriller balas dendam yang mencekam, Pandora: Beneath the Paradise. Film ini mengisahkan tentang Tae-era yang menjalani kehidupan yang tampaknya sempurna sampai ingatannya yang tertekan muncul kembali. Sekarang, dia harus melakukan segala cara untuk membalas kesalahan yang dilakukan padanya sambil melindungi keluarganya.

Karena setiap orang memiliki selera drama yang berbeda-beda, sudah ada reaksi yang beragam tentang serial TV ini. Sementara banyak yang memujinya karena perpaduan aksi, misteri, dan balas dendamnya, yang lain merasa bahwa cerita dan dramanya tidak sesuai. Namun, bagi mereka yang menyukai film-film Lee Sang-yoon, serial ini akan menjadi tambahan yang patut dicatat dalam daftar film yang harus ditonton. Karena dikemas dengan twist yang tak terduga, banyak yang sudah berteriak untuk musim baru. Namun, pembaruan acara ini untuk musim baru masih tertunda.

5. The Glory Part 2 (2023)


Drama Korea Terbaik di Tahun 2023 (credit: netflix)


Kisah balas dendam Moon Dong-eun dimulai dalam The Glory Part 1, yang dirilis pada bulan Desember 2022, dan mencapai puncaknya dengan bagian kedua yang hadir pada bulan Maret 2023, The Glory Part 2. Di sini, aktris Korea Selatan Song Hye-kyo memerankan karakter yang gelap, sangat berbeda dengan peran melodramatis yang biasa ia perankan. Pertunjukan ini mendapatkan tanggapan positif dari para kritikus dan penonton, dan oleh karena itu layak mendapatkan tempat di daftar drama Korea terbaik tahun 2023.

Diangkat dari kisah nyata perundungan yang terjadi di Korea Selatan pada tahun 2006, kisah mengerikan ini mengisahkan seorang mantan korban kekerasan di sekolah yang kembali ke masa lalunya 18 tahun kemudian, untuk membalas dendam kepada mereka yang menghancurkan hidupnya. The Glory Part 2 adalah serial intens yang menggambarkan bagaimana balas dendam bisa menjadi sesuatu yang manis sekaligus menghancurkan.

4. Crash Course in Romance (2023)


Drama Korea Terbaik di Tahun 2023 (credit: tmdb.org)


Sudah menjadi fakta umum bahwa pembuat film Korea Selatan sangat ahli dalam membuat komedi romantis dan drama yang mengharukan, dan serial ini adalah contoh yang sempurna. Crash Course in Romance adalah jenis makanan yang membuat banyak orang ingin pulang ke rumah setelah hari yang melelahkan. Acara ini dengan cerdik memadukan elemen thriller, romansa, coming-of-age, dan misteri, memastikan bahwa selalu ada sesuatu untuk semua orang. Namun, beberapa penonton merasa bahwa aspek kriminalitas entah bagaimana membayangi sisi yang mengharukan, membuatnya jauh lebih gelap daripada yang diantisipasi.

Namun, ada juga yang merasa bahwa romansa ini sangat mengharukan dan juga menghargai lapisan tambahan cerita sampingan dan ketegangan. Drama yang menggairahkan ini pasti akan memikat hati para penggemar romansa, membuat mereka mendukung karakter utama karena menceritakan kisah cinta yang menawan antara seorang ibu tunggal dan guru matematika selebriti.

3. Celebrity (2023-Sekarang)


Drama Korea Terbaik di Tahun 2023 (credit: tmdb.org)

Celebrity menawarkan sekilas pandang yang menggiurkan ke dalam dunia influencer yang penuh skandal dan memikat di Seoul dan misteri yang mengelilingi mereka yang terjerat olehnya. Park Guy-young berperan sebagai seorang wanita muda yang jatuh dalam masa sulit setelah keluarganya kehilangan seluruh kekayaannya. Melawan segala rintangan, ia berhasil menjadi influencer online, dan sekarang ia harus berjuang keras untuk menjadi selebriti terpopuler di kotanya.

Pertunjukan ini sangat menarik dari awal hingga akhir, dengan penampilan yang luar biasa dari para pemainnya. Karena drama ini ditulis dengan sangat baik dan penuh dengan liku-liku, tidak diragukan lagi bahwa ini adalah salah satu drama Korea terbaik di Netflix. Pemirsa sudah sangat menantikan musim kedua, namun belum ada kabar tentang kedatangannya.

2. My Liberation Notes (2022-Sekarang)


Drama Korea Terbaik di Tahun 2023 (credit: tmdb.org)

My Liberation Notes adalah drama tentang kehidupan yang ditulis dengan baik yang tayang perdana pada bulan April 2022 dan terus mendominasi diskusi tentang drama Korea yang ditulis dengan baik bahkan pada tahun 2023. Karena kedalaman narasinya, drama ini merupakan drama yang menggugah pikiran dan realistis yang beresonansi dengan pemirsa yang beragam, yang merefleksikan pengalaman mereka sendiri melalui karakter yang dapat dihubungkan. Karena pertunjukan ini menyimpang dari formula drama Korea pada umumnya, mungkin tidak semua orang menyukainya.

Namun demikian, bagi mereka yang meluangkan waktu untuk memahami pertunjukan ini, drama ini menemukan cara untuk tetap bertahan lama setelah tamat. Kisahnya terasa begitu nyata karena mengikuti empat karakter utama yang mencari pembebasan dari kehidupan duniawi dan kekakuan masing-masing. Mengingat My Liberation Notes dan My Mister dibuat oleh penulis yang sama, Park Hae-young, mereka yang menyukai pertunjukan itu mungkin juga akan menyukai drama ini.

1. The Good Bad Mother (2023-Sekarang)


Drama Korea Terbaik di Tahun 2023 (credit: tmdb.org)

Melodrama keluarga ini menggali hubungan yang rumit namun mengharukan antara seorang ibu dan putranya, yang dididik dengan keras untuk membentuknya menjadi seorang jaksa yang tegas dan sukses. Setelah sebuah insiden mempertemukan mereka kembali, mereka harus mencoba memperbaiki hubungan mereka yang rusak dan menemukan kebahagiaan. Musim pertama terdiri dari total 14 episode, dengan karakter yang kompleks yang dihidupkan dengan cemerlang oleh para pemain yang luar biasa.

Seiring berjalannya serial ini, semakin sulit untuk tidak ketagihan menonton acara ini. Sama seperti drama Korea pada umumnya yang memadukan segala hal, drama ini memiliki perpaduan terbaik antara komedi, balas dendam, ketegangan, dan momen-momen mengharukan. Meskipun pertunjukan yang tampaknya sederhana, The Good Bad Mother dibuat dengan sangat baik sehingga akhirnya menarik hati banyak orang. Perjalanan rollercoaster ini membangkitkan tawa, air mata, dan sensasi yang mengharukan bagi para penontonnya.


Itulah Drama Korea Terbaik di Tahun 2023 sejauh ini yang wajib ditonton. Sehingga bisa jadi wishlist tontonan terbaik di tahun 2023.

Post a Comment for "15 Drama Korea Terbaik di Tahun 2023 (Sejauh Ini)"